Selasa, 12 Juli 2011

Tari Tanggai

Tari tanggai merupakan salah satu seni tari yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, dimana tari Tanggai berasal dari daerah Sumatera Selatan. Tari Tanggai merupakan suatu tarian yang bermaksud untuk menyambut kedatangan tamu-tamu. Tari Tanggai sendiri telah ada maupun dipergunakan oleh masyarakat Sumatera Selatan pada saat zaman kerajaan Sriwijaya.

Pada zaman kerajaan Sriwijaya dulu, tari Tanggai biasanya digunakan untuk menyambut tamu-tamu kerajaan Sriwijaya yang hadir. Sampai sekarang pun, Tari tanggai digunakan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan yang datang ke Sumatera Selatan. namun tidak jarang pula, tari Tanggai ini digunakan pada saat acara pernikahan adat Sumatera Selatan, dimana bermaksud untuk menyambut tamu-tamu undangan yang telah hadir dalam acara pernikahan tersebut.

Dalam pelaksanaanya tari Tangai ini dialukan dengan lagu gending Sriwijaya, namun tari Tanggai sendiri berbeda dengan dengan tari Gending Sriwijaya, yang membedakanya adalah dalam tari Tanggai penari berjumlah 5 orang sedangkan dalam tari gending Sriwijaya penari berjumlah 9 orang. Pakaian yang digunakan oleh penari pun berupa pakaian adat sumatera Selatan yaitu songket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar